Model Project Based Learning

Project Based Learning

foto:https://www.google.co.id/search?q=gambar+k13+lucu&safe=active&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=-TbwDVkGksrD9M%253A%252CMFBtJkvKx2LQ3M%252C_&usg=__c1cwgAytEGcPya18twhQKyaA8jw%3D&sa=X&ved=0ahUKEwii7rC44LHbAhXYe30KHQLXBDoQ9QEILTAB#imgrc=tU9o6HWGK6WChM

PBL Merupakan proses pembelajaran yang menuntuk peserta didik untu memiliki keterampilan dan mendemonstrasikan keterampilannya. Model pembelajaran ini diyakini akan berpengaruh posetif terhadap perkembangan kognitif, psikomotoik dan sikap peserta didik.

Langkah-langkah model Project Based Learning adalah sebagai berikut:

1.       Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek.  Contoh: Guru menyiapkan penugasan proyek berkaitan dengan materi dampak perubahan lingkungan untuk pameran produk Daur Ulang Limbah dalam bentuk produk buatan peserta didik
2.       Mendesain perencanaan proyek  Contoh:  Pada pertemuan awal penyampaian materi KD 3.11 dan 4.11 tentang Dampak Perubahan Lingkungan, guru bersama peserta didik melakukan perancangan sebuah proyek untuk membuat dan memamerkan produk daur ulang limbah berupa hasil karya peserta didik.  Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan Kewirausahaan) yang memiliki KD relevan untuk merencanakan pameran tersebut pada akhir semester atau akhir tahun pelajaran.  Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan Kewirausahaan ) yang memiliki KD relevan merumuskan penilaian terhadap perencanaan, persiapan, pembuatan produk, dan pelaksanaan pameran.
3.       Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari sebuah proyek  Contoh:  Guru membantu peserta didik menyusun jadwal pembuatan produk daur ulang limbah.
4.       Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek Contoh: Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, ekonomi, PLH, serta prakarya dan kewirausahaan) memonitor persiapan, pembuatan produk.
5.       Menguji hasil.  Contoh: Guru Biologi bersama guru mata pelajaran (Kimia, ekonomi, PLH, serta prakarya dan kewirausahaan) melakukan pengujian terhadap kinerja dan produk bahan pameran dimulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan pameran.
6.       Mengevaluasi kegiatan/pengalaman  Contoh: Semua guru yang terlibat pada kegiatan ini bersama peserta didik melakukan  evaluasi terhadap hasil pameran sebagai pengalaman dan bahan kajian untuk melaksanakan pameran dimasa yang akan datang.

Comments

Popular posts from this blog

KATOPO ORANG SUMBA NTT

SEJARAH KERAJAAN LAULI (Loli)

Sejarah Kampung Sodan (Sodana), Lamboya, NTT