Model Project Based Learning
Project Based Learning
foto:https://www.google.co.id/search?q=gambar+k13+lucu&safe=active&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=-TbwDVkGksrD9M%253A%252CMFBtJkvKx2LQ3M%252C_&usg=__c1cwgAytEGcPya18twhQKyaA8jw%3D&sa=X&ved=0ahUKEwii7rC44LHbAhXYe30KHQLXBDoQ9QEILTAB#imgrc=tU9o6HWGK6WChM
PBL Merupakan proses pembelajaran yang menuntuk peserta
didik untu memiliki keterampilan dan mendemonstrasikan keterampilannya. Model
pembelajaran ini diyakini akan berpengaruh posetif terhadap perkembangan kognitif,
psikomotoik dan sikap peserta didik.
Langkah-langkah model Project Based Learning adalah sebagai berikut:
1.
Menyiapkan pertanyaan atau penugasan
proyek. Contoh: Guru menyiapkan
penugasan proyek berkaitan dengan materi dampak perubahan lingkungan untuk
pameran produk Daur Ulang Limbah dalam bentuk produk buatan peserta didik
2.
Mendesain perencanaan proyek Contoh: Pada pertemuan awal penyampaian
materi KD 3.11 dan 4.11 tentang Dampak Perubahan Lingkungan, guru bersama
peserta didik melakukan perancangan sebuah proyek untuk membuat dan memamerkan
produk daur ulang limbah berupa hasil karya peserta didik. Guru Biologi
bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan
Kewirausahaan) yang memiliki KD relevan untuk merencanakan pameran tersebut
pada akhir semester atau akhir tahun pelajaran. Guru Biologi bersama guru
mata pelajaran lain (Kimia, Ekonomi, serta Prakarya dan Kewirausahaan ) yang
memiliki KD relevan merumuskan penilaian terhadap perencanaan, persiapan,
pembuatan produk, dan pelaksanaan pameran.
3.
Menyusun jadwal sebagai langkah nyata dari
sebuah proyek Contoh: Guru membantu
peserta didik menyusun jadwal pembuatan produk daur ulang limbah.
4.
Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek
Contoh: Guru Biologi bersama guru mata pelajaran lain (Kimia, ekonomi, PLH,
serta prakarya dan kewirausahaan) memonitor persiapan, pembuatan produk.
5.
Menguji hasil.
Contoh: Guru Biologi bersama guru mata pelajaran (Kimia, ekonomi, PLH,
serta prakarya dan kewirausahaan) melakukan pengujian terhadap kinerja dan
produk bahan pameran dimulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan pameran.
6.
Mengevaluasi kegiatan/pengalaman Contoh: Semua guru yang terlibat pada
kegiatan ini bersama peserta didik melakukan
evaluasi terhadap hasil pameran sebagai pengalaman dan bahan kajian
untuk melaksanakan pameran dimasa yang akan datang.
Comments
Post a Comment
Silahkan Komentari